Manfaat serat untuk kesehatan

Manfaat serat untuk kesehatan - Seringkali kita mendengar yang namanya serat, namun apakah serat itu? Serat merupakan karbohidrat kompleks yang terdapat dalam sumber makanan nabati seperti biji-bijian, sayuran dan buah-buahan, serat tidak dapat dicerna oleh tubuh namun sangat dibutuhkan oleh tubuh untuk mengatasi gangguan kesehatan dan mencegah berbagai penyakit.

Namun meskipun serat sangat baik untuk kesehatan masih banyak orang yang tidak mengkonsumsi serat dengan cukup kebanyakan mereka hanya mengkonsumsi serat sebanyak 15 gram saja setiap harinya padahal ahli gizi sangat menyarankan untuk mengkonsumsi serat sebanyak 25 gram setiap harinya, anda bisa mencoba menambah buah-buahan dan sayuran segar dalam setiap menu makanan anda.

Manfaat serat untuk kesehatanAnda dapat menambah asupan serat dengan mengkonsumsi banyak makanan yang mengandung serat namun yang juga perlu diperhatikan adalah serat dapat bekerja dengan baik bila disertai dengan adanya asupan air dalam tubuh jadi sangat penting untuk banyak minum air putih selain juga mengkonsumsi banyak serat.
Untuk anda yang menginginkan kandungan serat dari buah-buahan sebaiknya tidak dibuat jus, buah segar yang dikonsumsi langsung mengandung lebih banyak serat dari pada jus, namun jika anda menginginkan buah yang berupa minuman anda bisa mencoba membuat buah-buahan yang anda konsumsi menjadi minuman smoothies yaitu minuman yang berbahan dasar buah-buahan, sayuran, gula, susu tawar cair dan es batu dengan tambahan susu kental manis, coklat dan juga yoghurt dan teksturnya lebih pekat dari pada jus.

Ada 2 jenis serat:
1.Serat larut dalam air, serat ini akan membentuk gel saat melalui saluran pencernaan dengan menyerap air dan serat ini banyak terdapat dalam:
  • Oat
  • Kacang almond
  • Sayuran seperti brokoli dan wortel
  • Buah-buahan seperti apel, pisang, pir dan berry
2. Serat tidak larut dalam air, meskipun tidak larut dalam air namun dapat menyerap air serta meningkatkan tekstur dalam volume tinja dan serat ini banyak terdapat dalam:
Beberapa manfaat serat untuk kesehatan:
  • Serat yang dapat larut sangat baik untuk pencernaan terutama usus membuat usus lebih sehat dan mencegah sembelit ataupun diare.
  • Menurut studi yang pernah dilakukan serat terbukti dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker usus besar.
  • Mencegah gangguan penyakit divertikular yaitu gangguan peradangan pada usus yang menyebabkan lekukan-lekukan pada usus akibat konstipasi kronik dan akan sangat berbahaya jika terjadi infeksi.
  • Membantu menurunkan berat badan sehingga sangat cocok untuk anda yang sedang menjalankan diet sehingga dapat membuat tubuh anda mencapai berat badan ideal, karena dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak serat maka merasa kenyang lebih lama.
  • Serat dapat membantu menurunkan resiko seseorang terkena diabetes karena serat dapat mengatur asupan gula dalam tubuh sehingga sangat baik bagi penderita diabetes.
  • Serat sangat baik untuk menurunkan kolesterol maka dengan rendahnya kadar kolesterol dapat membantu menurunkan resiko terkena penyakit jantung.
Seseorang yang kekurangan serat akan beresiko terkena gangguan seperti:
Itulah artikel mengenai "Manfaat serat untuk kesehatan" yang penting untuk kita ketahui karena dengan mengkonsumsi cukup serat sangat baik agar tubuh terhindar dari berbagai macam penyakit.
Semoga bermanfaat.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment