Berikut 10 Cara Jitu Mengatasi Flu Secara Alami

pixabay.com
Flu adalah infeksi virus yang terjadi di alat pernafasan seperti, hidung, tenggorokan dan paru-paru, sehingga akan mempengaruhi kerja dari hidung. penyakit ini dapat menular dengan mudah dari orang ke orang lain dengan banyak cara seperti minuman, makanan, kontak langsung, juga dari bersin. saya berpesan untuk anda selalu jaga diri dan hati-hati dalam lingkungan ini.

Apasih penyebab Utama penyakit flu dan pilek....?

Flu (Influenza) adalah penyakit yang dapat menular penyakit ini disebabkan oleh virus RNA dari keluarga Orthomyxoviridae (influenza). Gejalanya adalah badan menggigil, demam, nyeri otot, nyeri tenggorokan, sakit kepala, batuk, lelah, dan rasa tidaknyaman secara umum.

Untuk cara mengobatinya bagaimana sih...?

Untuk tips sendiri, saya akan berbagi tips cara mengatasi flu ini secara alami. Berikut tipsnya:


  • Banyak Minum Air Putih
Air putih memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita salah satinya adalah mengatasi flu ini. Usahakan meminum air putih minimal delapan gelas sehari. hal ini untuk menjaga tenggorokan anda bersih dari kuman yang menyebabkan flu.

  • Meminum-miniman hangat
Selain banyak minum air putih Anda juga dapat minum-minuman hangat. Misalnya saja air putih hangat, kopi, teh. Mengapa demikian ??? Karena saat flu akan banyak cairan yang terbuang melalui ingus, ludah, dan keringat. Maka dari itu bayak minum air denga tujuan untuk mengganti cairan yang hilang pada tubuh kita.

  • Beristirahat total
Kondisi tubuh yang lelah menyebabkan kekebalan tubuh lemah hal ini akan menyebabkan flu menyerang pada saat kondisi kekebalan tubuh lemah. Makan dari itu disarankan melakukan istirahat total dan berhenti bekerja untuk sementara waktu, agar kekebalan tubuh  menjadi seperti semula.
  • Mengatur pola makan sehat
Saat kita mengalami flu maka tubuh membutuhkan asupan makanan yang sehat dan bergizi seperti buah-buahan dan sayuran sehat karena mengandung banyak nutrisi agar tubuh menjadi lebih kuat dari serangan penyakit dan hindari menunda-nunda jam makan bila makan anda cukup maka dapat meningkatkan daya tahan tubuh terhadap serangan penyakit.
  • Mengkonsumsi madu
Madu merupakan obat alami untuk meningkatkan daya tahan tubuh selain itu madu juga dapat membantu membuang racun-racun dalam tubuh dan membantu mengatasi serangan penyakit dalam tubuh.
  •  Mandi air hangat
Jika kita sedang mengalami flu usahakan menghindari bersentuhan dengan sesuatu yang dingin, mandi air hangat tentunya akan membantu mengatasi rasa dingin dalam tubuh dan akan membantu mengatasi flu.
  • Mengkonsumsi jahe
Jahe merupakan rempah-rempah yang dapat membuat tubuh menjadi hangat selain itu jahe dapat membantu mengatasi flu, anda bisa merebusnya dan meminum air rebusan jahe tersebut.
  • Terapi uap
Dengan terapi uap akan banyak membantu melonggarkan pernafasan kita karena saat flu biasanya akan disertai juga dengan hidung yang mampet atau tersumbat, dengan menuang air panas dalam baskom dan kita dapat menghirup uap tersebut sehingga hidung menjadi lebih nyaman.

Cara melakukan terapi uap :
  1.  Sediakan handuk atau kain yang agak tebal
  2. Ambil wadah atau baskom, kemudian isi dengan air panas
  3. Masukan kayu putih / kunyit / jahe / atau rempah-rempah lainnya
  4. Diamkan 5 - 10 menit
  5. Letakan air hangat yang sudah dicampur dengan rempah tadi tepat dibawah wajah Anda (posisi menunduk)
  6. Tutup kepala Anda dengan handuk atau kain tebal tadi.
  7. Lakukan selama 15 - 30 menit.
  • Berkumur
Berkumur bisa menjadi salah satu solusi saat flu menyerang. Mengapa harus berkumur? tujuannya untuk membantu membersihkan mulut agar bakteri jahat penyebab flu tidak masuk ke tenggorokan. Cobalah berkumur dengan air hangat yang dicampur dengan garam, cuka apel, kunyit jahe agar hasilnya maksimal.
  • Konsumsi Cabai / makanan yang mengandung cabai
Capsaicin adalah sebuah senyawa kimia yang terkandung dalam cabai yang dipercaya dan sudah terbukti efektif membantu membersihkan rongga hidung. Ketika flu mulai menyerang, cobalah mengkonsumsi sup dengan taburan lada atau makanan yang mengandung cabai. Tapi ingat, jangan terlalu banyak, nanti bukannya flunya sembuh malah sakit perut.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment