Berikut Gejala DB (Demam Berdarah) pada Anak dan Cara mengatasinya

Demam berdarah merupakan penyakit yang akan membuat penderita penyakit tersebut mengalami rasa nyeri tak tertahankan. Rasa sakitnya seolah-olah dari pinggang menuju tulang. Dilihat dari sisi medis, gejala penyakit ini di tahap awalnya mirip gejala dari penyakit infeksi lain, contohnya tifus, campak, dan radang tenggorokan. Namun yang membedakan yakni gejala penyertanya, untuk demam berdarah tengue, gejala yang paling utama yakni demam tinggi. Demam yang muncul pada penderita yaitu demam mendadak.

Biasanya demam itu berkisar di angka 38,5 hingga 400 derajat C. Anda dapat melihat bahwa peningkatan suhu yang terjadi benar-benar ekstrim, khususnya untuk anak-anak. Anak yang telah terinfeksi virus memang terlihat baik-baik ketika pagi hari, tetapi ketika sore hari maka mereka akan mengeluh capai juga muncul demam yang tinggi.

Nyamuk yang menjadi pembawa virus dengue:
  • Nyamuk Aedes aegypti, adalah nyamuk yang biasa hidup di dalam rumah yang gelap, lembab dan sejuk dan merupakan nyamuk yang paling sering membawa virus dengue.
  • Nyamuk Aedes albopictus, merupakan nyamuk yang sering hidup di kebun atau semak diluar rumah.
Ciri-ciri demam berdarah pada anak
Untuk penyakit demam berdarah yang menyerang anak, demam akan berlangsung terus sampai dengan pagi berikutnya. Memang demam akan menurun sebentar saat diberi obat untuk menurunkan panas, tetapi umumnya demam akan kembali naik di hari keempat begitu pula seterusnya. Untuk anak dengan usia yang lebih besar, gejala gangguan demam ini umumnya tak begitu diperhatikan, berbeda dengan anak yang usianya lebih kecil.

Untuk orang dewasa yang umumnya mengira apabila mereka itu sedang terserang penyakit influenza. Umumnya juga, orang dewasa yang sudah terinfeksi virus dengue demam berdarah ini tetap bisa melanjutkan aktivitas keseharian dengan biasa saja, sampai gejala berikutnya muncul, yakni lesu, tak ada nafsu makan serta berbagai gejala lainnya.

Gejala demam berdarah ini harus diketahui dengan cepat, sebab demam berdarah dapat mengancam nyawa Anda jika ditangani terlambat, efeknya benar-benar fatal. Dokter menyebutkan untuk mengetahui gejala demam berdarah lebih awal dan mencegah kaget karena terinfeksi penyakit ini, diperlukan pengamatan yang lebih detail pada tanda yang lainnya, yang juga akan ikut muncul bersamaan dengan gangguan demam.

Demam yang terjadi ketika terinfeksi DBD umumnya bersifat tiba-tiba. Kecurigaan juga harus semakin ditingkatkan apabila demam disertai nyeri pada bagian belakang mata, sakit kepala, nyeri tulang, nyeri otot, bercak merah (Ruam) pada kulit, dan muncul tanda pendarahan yang nampak seperti mimisan, kadar sel darah putih atau leukosit yang levelnya rendah.
Penanganan saat seeorang mangalami demam berdarah:
  1. Jika demam mulai meningkat lakukan pengecekan suhu tubuh setiap hari.
  2. Jika demam tidak menurun setelah 3 hari sebaiknya bawa ke dokter secepatnya.
  3. Penderita harus segera dibawa ke rumah sakit jika hasil laboratorium diketahui terjadi penurunan trombosit dan hematokrit mengalami peningkatan.
  4. Banyak beristirahat dengan asupan cairan yang cukup, atau jika perlu gunakan cairan infus pada penderita.
  5. Hindari si penderita jangan sampai mengalami sok dengan tanda-tanda kaki si penderita terasa dingin, gelisah, mengantuk, merasa lemas dan pingsan.
Tips untuk mencegah terjadinya demam berdarah:
  1. Biasakan untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan
  2. Kuraslah bak mandi atau apapun yang menampung air untuk waktu lama.
  3. Tutuplah ember atau gentong penyimpanan air dengan rapat.
  4. Mengubur barang-barang seperti kaleng, botol tau barang apapun yang dapat menjadi tempat berkembang biaknya nyamuk.
  5. Lakukan pengasapan atau fogging di lingkungan tempat tinggal anda
  6. Taburkan bubuk abate pada tempat-tempat yang menampung air untuk waktu lama.
  7. Oleskan lotion anti nyamuk untuk mencegah nyamuk menggigit kulit anda.
  8. Semprotkan atau gunakan obat nyamuk untuk mengusir nyamuk dari kamar atau rumah anda.

Salah satu cara mengatasi demam berdarah
Temu ireng dapat Anda manfaatkan dalam mengobati penyakit karena kerusakan sel hati yang umumnya terjadi di penderita demam berdarah. Juga, temu ireng ini mempunyai berbagai manfaat kesehatan yang lain, contohnya mengobati penyakit asma, luka usus dan lambung, menambah nafsu makan, dan mencegah obesitas.

Sekian artikel dari mimin, semoga bermanfaat ya ......

Jangan lupa di share ya...!!!
Previous
Next Post »
Thanks for your comment