Tips hidup sehat

Tips hidup sehat - Semakin hari semakin sulit kita lepas dari masalah sakit penyakit, terbukti dari meningkatnya pasien di rumah sakit, penyakit baru banyak bermunculan dan kita seringkali menyaksikan orang-orang yang kita kenal satu per satu meninggalkan kita karena terserang penyakit yang mematikan.

Namun tentunya kesehatan tidak dapat kita peroleh dengan mudah diperlukan pengorbanan dan perjuangan, seperti mengkonsumsi makanan sehat, melakukan olahraga, disiplin dalam tidur, waktu makan yang teratur dan masih banyak hal-hal lainnya.

Beberapa tips hidup sehat yang perlu diperhatikan agar tubuh lebih sehat:

Menjaga kebersihan 
Kebersihan merupakan hal yang seringkali kita abaikan, namun justru penyakit bisa banyak timbul karena kita kurang menjaga kebersihan baik tubuh maupun lingkungan.

Contoh saat kita keluar rumah banyak bakteri, virus atau binatang-binatang kecil yang siap meyerang kita dan kalau kita tidak hati-hati serta tidak menjaga kebersiahan tubuh maka kemungkinan akan dapat menyebabkan berbagai penyakit dalam tubuh kita.

Karena itu sebelum kita menyentuh makanan atau minuman sebaiknya kita selalu membiasakan mencuci tangan dengan sabun, supaya terhindar dari penyakit.

Tidur cukup dan berkualitas
Tidur merupakan hal yang juga sering kita anggap enteng padahal tidur adalah hal yang sangat penting, karena dengan tidur maka tubuh akan beristirahat dari aktifitas yang sangat melelahkan, selain itu dengan tidur tubuh menjadi lebih bugar dan segar keesokan harinya, tidur cukup sekitar 8 jam setiap hari dan hindari tidur terlalu larut karena akan mempengaruhi kesehatan tubuh kita.

Menurut penelitian ternyata tidur siang juga sangat baik untuk kesehatan selain membuat tubuh menjadi lebih bugar juga membuat usia seseorang menjadi panjang umur.

Makan makanan sehat dan bergizi
Makanan yang bergizi dan sehat merupakan hal yang penting bagi tubuh supaya kebutuhan mineral, protein dan zat gizi esensial bisa tercukupi dengan baik, karena jika kita makan hanya seadanya saja, bisa jadi tubuh kita menjadi lemah dan mudah terserang berbagai macam penyakit.

Makanan yang alami seperti buah-buahan dan sayuran juga jangan sampai terlewatkan, dengan bervariasinya makanan sehat yang kita konsumsi akan baik juga bagi tubuh kita.

Tubuh memerlukan sekitar 40-an jenis zat gizi yang sebagian bersifat esensial yang tidak bisa disediakan oleh tubuh jadi diperlikan asupan makanan yang mencukupi kebutuhan nutrisi setiap harinya.

Pola makan teratur
Biasakan untuk selalu sarapan pagi, karena pada pagi hari tubuh memerlukan asupan makanan supaya saat beraktifitas sepanjang tubuh kita tetap kuat dan segar.

Makan yang terbaik adalah 3 kali sehari yaitu pada pagi hari, siang hari dan sore atau malam hari, sebaiknya waktu makan tetap sama setiap harinya karena jika waktu makan yang berubah-rubah atau kadang telat dapat mengakibatkan terjadinya sakit maag.

Menjaga berat badan ideal
Berat badan yang cenderung gemuk atau kurus tentunya kurang baik untuk kesehatan karena dapat menimbulkan berbagai macam penyakit, dengan menjaga berat badan ideal akan juga membuat tubuh kita menjadi sehat.

Hindari mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak lemak karena tentunya tidak baik untuk kesehatan kita, makan terlalu sedikit apalagi dengan makanan yang kurang bergizi juga membuat tubuh menjadi lemah dan gampang sakit.

Oleh karena itu sangat penting menjaga berat badan ideal selain tentunya untuk penampilan menjadi lebih percaya diri juga manfaatnya untuk tubuh menjadi lebih sehat.

Olahraga secara teratur
Olahraga merupakan hal yang sangat penting dilakukan supaya seluruh tubuh dapat bergerak dan mengeluarkan keringat, dengan begitu segala kotoran dan penyakit dapat disingkirkan.

Banyak macam olahraga yang bisa dilakukan dari yang ringan sampai yang cukup berat, semua bisa disesuaikan dengan kesukaan kita sehingga tidak membebani kita saat melakukannya, dan jika kita suka maka olahraga tentunya akan sangat menyenangkan untuk dilakukan.

Olahraga seperti jalan kaki, jogging, bersepeda, berenang dan masih banyak olah raga lainnya yang bisa kita lakukan setiap hari disela-sela kesibukan kita, karena jika kita terlalu banyak diam maka segala penyakit akan bersarang di dalam tubuh kita.

Hindari merokok dan minuman beralkohol
Merokok dan minum minuman beralkohol sangat tidak baik bagi tubuh kita karena efek dari rokok dan alkohol yang merusak tubuh akan dapat menimbulkan berbagai macam penyakit.

Merokok sudah menjadi kebiasaan sebagian orang, bahkan anak-anak sekolah sudah banyak yang terbiasa dengan rokok, padahal rokok mengandung banyak racun yang tidak bersahabat dengan tubuh, sehingga menimbulkan berbagai penyakit seperti kanker, stroke, jantung dan masih banyak penyakit lainnya akibat dari merokok.

Hindari stres
Stres terjadi karena seseorang mengalami perasaan cemas, takut, merasa tidak aman, ledakan perasaan yang berlebihan, depresi dan berbagai tekanan lainnya yang membuat keseimbangan tubuh terganggu.

Saat seseorang mengalami stres, tubuhnya akan bereaksi sehingga memicu terjadinya bermacam reaksi biokimia di dalam tubuh, seperti kadar adrenalin aliran darah meningkat, gula, kolesterol dan asam lemak tersalurkan ke dalam aliran darah, tekanan darah naik dan jantung berdegup kencang, saat glukosa mengalir ke otak sehingga kadar kolesterol menjadi meningkat berakibat munculnya barbagai masalah bagi tubuh.
Banyak akibat yang ditimbulkan dari stres diantaranya penyakit jantung, diabetes, tekanan darah tinggi, kanker dan masih banyak penyakit lainnya.

Itulah artikel mengenai "Tips hidup sehat" yang bisa kita praktekkan dalam kseseharian kita supaya kita tetap sehat dan terhindar dari berbagai macam penyakit, semoga bermanfaat :)



Previous
Next Post »
Thanks for your comment