Gejala penyakit ginjal

Gejala penyakit ginjal - Ginjal adalah salah satu organ tubuh yang sangat penting, karena ginjal bekerja dengan menyaring darah untuk menghilangkan racun di dalam tubuh kita, karena itu sangat penting menjaga kesehatan ginjal anda sebab saat kesehatan ginjal mulai terganggu maka akan berdampak buruk bagi kesehatan tubuh anda secara keseluruhan.

Gejala penyakit ginjal biasanya tidak spesifik dan seringkali berhubungan dengan gaya hidup kita, biasanya penyakit ginjal akan semakin terlihat setelah penyakit ini sudah sangat parah, karena itu penyakit ini biasa disebut juga "silent disease", karena tanda-tandanya yang tidak terlihat secara jelas jika keadaan ginjal anda belum parah.

Gejala penyakit ginjal
Ginjal
Hal-hal yang perlu anda ketahui seputar ginjal di dalam tubuh anda: 
  • Ginjal terletak di atas pinggang bagian belakang rongga perut dan terlindung oleh tulang rusuk namun bagian bawah ginjal tidak terlindungi. 
  • Ginjal sangat penting bagi tubuh karena berperan sebagai penyaring darah dari berbagai racun di dalam tubuh anda, dan biasanya yang sering merokok akan rentan terkena gangguan ginjal, dengan merokok maka akan terjadi pengendapan kolesterol di bagian pembuluh darah besar maka aliran darah ke ginjal menjadi berkurang, serta asupan oksigen ke ginjal juga akan berkurang membuat fungsi ginjal menjadi tidak maksimal.
  • Ginjal pada orang dewasa setiap harinya akan menyaring darah sekitar 180 liter yang bermanfaat untuk menghilangkan racun-racun di dalam tubuh kita.
  • Hampir 50% penyakit ginjal terjadi disebabkan oleh karena diabetes, protein albumin yang sangat diperlukan untuk menjaga agar ginjal tetap sehat akan terbuang melalui urin pada penderita penyakit diabetes ini.
  • Selain merokok ternyata terlalu sering mengkonsumsi obat untuk menghilangkan rasa sakit sangat berperan membuat terganggunya proses penyaringan di dalam ginjal.
  • Untuk penderita penyakit ginjal sebaiknya mengurangi mengkonsumsi makanan yang tinggi akan kandungan kaliumnya dan bisa dicoba mengkonsumsi makanan yang rendah akan kalium seperti kacang hijau, nanas, dan kopi.
Gejala penyakit ginjal yang sangat penting untuk diketahui:
  • Tubuh terasa lelah dan sesak nafas, ginjal akan menghasilkan hormon erytropoietin yang bekerja membawa oksigen dalam sel darah merah dan mengalirkannya ke seluruh tubuh, jika ginjal mulai terganggu maka erythropoietin yang dihasilkan akan menjadi berkurang sehingga otot-otot dan otak menjadi mudah lelah dengan cepat, keadaan ini biasa disebut juga dengan anemia, dan biasanya penderita juga akan mengalami sesak nafas.
  • Berat badan menurun dan nafsu makan berkurang, biasanya penyakit ginjal diawali dengan adanya kedua gejala ini, namun kebanyakan mereka tidak terlalu menganggap serius keadaan ini, salah satu penyebabnya adalah aktifitas atau kesibukan yang terlalu berat setiap hari dapat memicu menurunnya nafsu makan dan dilanjutkan dengan keadaan menurunnya berat badan,padahal tubuh sangat membutuhkan asupan nutrisi dan energi yang cukup setiap harinya agar kita bisa melakukan aktifitas dengan baik, karena itu sangat penting menjaga asupan makanan yang baik dan sehat untuk kesehatan tubuh anda.
  • Pembengkakan pada tangan, kaki, wajah dan pergelangan kaki, ginjal yang sehat akan bekerja menghilangkan limbah atau racun didalam tubuh kita, tapi jika kesehatan ginjal mulai terganggu maka akan menyebabkan terjadinya kegagalan ginjal dalam menjalankan fungsinya sehingga cairan ekstra yang seharusnya tersaring oleh ginjal akan membuat ruang baru dalam tubuh dengan timbulnya pembengkakan seperti di bagian tangan, kaki, wajah, pergelangan kaki karena meningkatnya retensi air.  
Beberapa penyebab penyakit ginjal yang perlu anda ketahui diantaranya:
  • Merokok
  • Diabetes melitus (kencing manis)
  • Hipertensi (tekanan darah tinggi)
  • Arteritis
  • Ada riwayat keluarga
  • Infeksi ginjal
  • Peradangan
  • Adanya reaksi terhadap obat golongan tertentu seperti analgesik, antibiotik, anti inflamasi non steroid ataupun diuretik.
  • Dan masih banyak penyebab lainnya
Itulah artikel mengenai "gejala penyakit ginjal" yang sangat penting kita ketahui karena penyakit ini akan mulai muncul jika keadaan ginjal sudah menjadi parah atau kronis, karena itu sebaiknya anda juga mengurangi mengkonsumsi obat-obatan penghilang rasa sakit seperti parasetamol, aspirin atau obat-obatan lainnya jangan sampai anda ketergantungan dengan obat-obatan kimia tersebut, karena sangat berbahaya untuk kesehatan ginjal anda untuk jangka panjang, mulai sekarang biasakanlah melakukan pola hidup sehat jika memungkinkan gunakanlah obat-obatan yang alami karena lebih aman untuk ginjal anda, semoga bermanfaat.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment