Asyik, 7 Makanan Ini Ampuh Mencegah Gejala Anemia

     Anemia atau yang lebih dikenal dengan gejala kurang darah sering dikeluhkan oleh sebagian besar dari kita. Pernahkan anda terkena gejala anemia...???. Pengertian anemia sendiri yaitu apabila jumlah sel darah merah atau hemoglobin dalam darah menurun atau rendah. Tidak sedikit dari para perempuan yang mengeluhkan gejala anemia tersebut. Mulai sedini mungkin mencegah gejala anemia dapat dilakukan dengan mudah melalui berbagai makanan sehat. Lalu, apa saja makanan sehat yang terbukti efektif mencegah anemia tersebut...???.

     Sahabat, tips kesehatan. Gejala anemia yang umum dan sering mnncul yaitu letih, lesu, lemah atau bahkan muncul pembengkakan pada tangan dan kaki, sesak nafas serta adanya darah dalam tinja. Meskipun begitu, anda sangat disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter tentang berbagai gejala yang anda alami. Ada berbagai penyebab anemia yaitu kekurangan (zat besi, vitamin B12, asam folat), merokok, usia menua serta penyakit radang sendi. Berbagai jenis makanan terbukti ampuh mencegah gejala anemia pada diri anda. Berikut ini 7 makanan ampuh mencegah anemia atau kurang darah : 
  1. Bayam. Inilah salah satu jenis sayuran berdaun hijau yang terbukti efektif mencegah anemia. Ini dikarenakan, bayam mengandung sejumlah zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh anda. Dalam setengah cangkir bayam yang sudah direbus terkandung 3,2 mg zat besi. Jadi masih mau melewatkan bayam sebagai menu sayuran di meja makan anda...???.
  2. Daging Merah. Menu daging juga sangat dianjurkan untuk dikonsumsi oleh anda dan keluarga tercinta. Aneka daging (sapi, domba serta daging merah lainnya) sangat kaya akan kandungan zat besi yang diperlukan oleh tubuh. Meskipun begitu, jangan terlalu berlebihan dalam mengkonsumsinya.
  3. Tomat. Salah satu buah yang sangat dianjurkan untuk dikonsumsi adalah buah tomat. Buah tomat memiliki kandungan vitamin C yang cukup tinggi. Vitamin C dalam buah tomat sangat membantu mempermudah dalam hal penyerapan zat besi yang diperlukan oleh tubuh.
  4. Telur. Makanan pencegah anemia berikutnya yaitu telur. Telur memiliki kandungan protein yang cukup tinggi dan sejumlah zat besi. Sejumlah zat besi dalam telur sangat berperan dalam mencegah gejala anemia secara lebih dini. Sangat disarankan untuk merebusnya terlebih dahulu sebelum dikonsumsi.
  5. Madu. Dalam 100 gram madu mengandung sekitar 0,42 mg zat besi yang dibutuhkan oleh tubuh. Dan tak kalah istimewanya, madu juga mengandung tembaga dan magnesium yang berkontribusi dalam peningkatan hemoglobin atau sel darah merah dalam tubuh.
  6. Ikan. Salmon dan tuna merupakan dua jenis ikan laut yang memiliki kandungan zat besi yang berlimpah. Oleh karena itulah, dua jenis ikan laut tersebut juga sangat efektif dan ampuh untuk menangkal atau mencegah gejala anemia.
  7. Apel. Selain tomat, ternyata buah apel juga sangat efektif untuk memerangi gejala anemia. Dalam 100 gram apel mengandung 0,12 mg zat besi. Selain itu juga, buah apel juga kaya akan kandungan berbagai vitamin yang dibutuhkan oleh tubuh serta kaya serat untuk menyehatkan organ pencernaan anda. 
Artikel Kesehatan Lainnya...
     Semoga tips kesehatan yang mengulas 7 makanan ampuh mencegah anemia atau kurang darah bermanfaat bagi pembaca. Akhir kata, salam hangat dari penulis. Image courtesy of smarnad at FreeDigitalPhotos.net
Sumber : healthunlocked.
Previous
Next Post »
Thanks for your comment