Apakah ALS itu?

ALS merupakan singkatan dari amyotrophic lateral sclerosis yaitu penyakit yang berhubungan dengan neurologis fatal sehingga orang yang menderita penyakit ini akan kesulitan untuk bergerak dan tentunya akan sangat mempengaruhi kehidupan anda sehari-hari.

Penderita penyakit ALS mengalami gangguan pada saraf motorik yang berfungsi untuk memberikan rangsangan pada otot untuk melakukan gerakan misalnya berjalan atau memegang sesuatu, penyakit ini merupakan penyakit saraf unik karena gejala yang terjadi adalah berasal dari kerusakan saraf di tengah proses penghantaran impuls saraf.

Ice bucket challenge
Ahhir-akhir ini lagi ramai orang yang melakukan "ice bucket challenge" yaitu aksi tantangan menyiram kepala dengan air es dan aksi ini sebenarnya diadakan untuk pengumpulan dana untuk penyakit ALS selain itu aksi ini membantu dalam meningkatkan kesadaran masyarakat akan penyakit ALS ini.

Apakah ALS itu?Untuk penderita ALS di Indonesia masih belum ada data pastinya namun di Amerika Serikat didiagnosis sekitar 5 ribu orang per tahunnya mengalami penyakit ini, menurut statistik penderita ALS lebih banyak terjadi pada pria yang berusia sekitar 40 sampai 50 tahun dan penyebab seseorang mengalami penyakit ini adalah 10 persennya merupakan faktor genetik, meskipun bisa saja tidak langsung dari orang tuanya namun bisa saja berasal dari faktor keturunan generasi sebelumnya.

Sayangnya samapai saat ini belum ditemukan obat yang bisa menyembuhkan langsung penyakit ALS ini namun hanya mengatasi gejalanya saja, dan bila seseorang sudah terdeteksi terkena penyakit ini tapi tidak segera diobati maka hidupnya hanya bisa bertahan kira-kira sampai 3 tahun saja.

Biasanya penderita penyakit ALS meninggal karena menurunnya kemampuan untuk menelan atau biasa disebut dengan pneumonia aspirasi sehingga si penderita mengalami tersedak dan jika tidak cepat ditolong maka dapat menimbulkan kematian.

Gejala dari penyakit ALS
Gejala dari penyakit ALS biasanya terjadi secara perlahan tidak seperti penyakit stroke yang langsung parah, gejala awalnya bisa berupa:

  • Otot merasa tegang dan kaku pada bagian tubuh tertentu
  • Kram 
  • Kedutan 
  • Kesulitan saat mengunyah atau menelan 

jika anda mengalami ciri-ciri tersebut sebaiknya anda waspada karena bisa saja itu adalah penyakit ALS, dan selanjutnya si penderita akan mengalami kesulitan untuk mengontrol gerakan tubuh seperti menggerakan tangan, lengan, kaki dan juga wajah.

Itulah artikel mengenai ALS yang perlu kita ketahui karena penyakit ini masih belum ditemukan obat untuk mengobatinya secara langsung karena itu sebaiknya kita selalu waspada jika ditemukan tanda-tanda seperti yang disebutkan di atas.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Efek samping antibiotik untuk tubuh

Sumber: jabar.tribunnews.com dan vemale.com


Previous
Next Post »
Thanks for your comment