Inilah manfaat jus buah bit untuk kesehatan

Buah bit atau nama lainnya beetroot berbentuk bulat dan berwarna merah mengandung manfaat yang sangat luar biasa buat kesehatan tubuh serta menambah energi bagi mereka yang beraktifitas cukup berat seperti olahragawan, namun sayangnya buah bit ini masih belum terlalu dikenal oleh banyak orang apalagi tidak semua pasar atau swalayan menyediakan buah bit ini.

Walaupun buah bit ini banyak manfaatnya untuk kesehatan namun belum begitu banyak orang yang menyadari akan manfaat dari buah bit ini selain itu karena harga jual yang begitu mahal dan bervariasi membuat banyak orang tidak begitu tertarik dengan salah satu buah terbaik ini.

Tapi tidak ada salahnya jika anda memang ingin mencoba buah bit ini, jika anda susah menemukannya di pasaran mungkin anda bisa mencarinya di google dan memesannya, karena ternyata dengan mengkonsumsi jus buah bit sangat baik untuk kesehatan tubuh, anda bisa mengkonsumsinya dengan cara dibuat jus, dibuat salad dengan merebusnya sebentar, untuk campuran memasak misalnya untuk tumisan, atau dibuat sup dengan cara buah bit tersebut dilembutkan atau dibuat pure.

Inilah manfaat jus buah bit untuk kesehatanBeberapa manfaat buah bit untuk kesehatan diantaranya:

  • Baik untuk stamina, untuk anda yang sering berolahraga atau beraktifitas cukup berat anda bisa mengkonsumsi jus buah bit karena buah bit dapat bermanfaat untuk meningkatkan stamina, bisa diminum saat perut kosong membuat tubuh anda lebih semangat dan berenergi.
  • Cocok untuk penderita hipertensi, jus buah bit mengandung nitrat yaitu zat kimia alami yang dapat bereaksi dengan nitrat oksida yang bermanfaat untuk memperlancar aliran darah dan efektif untuk menurunkan tekanan darah.
  • Membersihkan tubuh dari racun, kandungan serat dalam buh bit sangat bermanfaat untuk membantu tubuh dalam membersihkan racun-racun yang ada di dalam tubuh selain itu buah bit bermanfaat untuk kesehatan pencernaan agar terhindar dari berbagai macam penyakit.
  • Meningkatkan sistem imun, kandungan folat dan potasium di dalam buah bit sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh serta meningkatkan sistem imun atau kekebalan tubuh.
  • Menjaga kesehatan lever, buah bit sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan lever karena buah bit dapat melancarkan aliran darah di dalam tubuh serta bermanfaat untuk mengeluarkan berbagai macam racun di dalam darah jadi jika anda ingin mempunyai lever yang sehat anda bisa mengkonsumsi jus buah bit setiap hari.
  • Menjaga kesehatan jantung dan menurunkan kolesterol, buah bit mengandung antioksidan yang tinggi bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol serta berkaitan erat juga dengan kesehatan jantung.

Selain manfaat jus buah bit untuk kesehatan di atas ada juga manfaat lainnya seperti:
  • Membantu memproduksi sel-sel darah merah sehingga sangat cocok untuk anda yang menderita anemia.
  • Membantu mengatasi masalah peradangan dan infeksi
  • Kandungan caumarin dan betasianin dalam buah bit sangat baik untuk melawan sel tumor atau sel kanker.
  • Kandungan magnesiumnya bermanfaat untuk menjaga fungsi otot dan juga syaraf.
  • Fosfor dalam buah bit berfungsi untuk memperkuat tulang.
  • Asam folat dalam buah bit berfungsi untuk menumbuhkan serta mengganti sel-sel yang sudah rusak.

Cara membuat jus buah bit untuk kesehatan seperti untuk mengatasi anemia:

  1. Siapkan buah bit yang sudah dicuci bersih lalu dikupas kulitnya
  2. Kemudian buah bit dipotong-potong lalu diblender sampai lembut
  3. Atau jika tidak punya blender anda bisa menggunakan parutan
  4. Setelah itu buah bit yang sudah lembut tersebut disaring atau diperas
  5. Ambil air dari buah bit tersebut sampai kira-kira satu gelas
  6. Jus buah bit siap diminum

Itulah manfaat mengkonsumsi jus buah bit yang sangat luar biasa untuk kesehatan tubuh, karena itu jika anda menginginkan tubuh anda tetap sehat dan berenergi sebaiknya anda membiasakan diri untuk mengkonsumsi jus buah bit namun sebaiknya hindari menambahkan gula atau pemanis yang terlalu banyak agar mendapatkan khasiat jus buah bit yang maksimal.
Semoga bermanfaat.

Simak juga artikel sebelumnya: Penyebab dan gejala batu ginjal

Sumber: www.merdeka.com/sehat dan berbagai sumber lainnya


Previous
Next Post »
Thanks for your comment