Bahaya minuman bersoda bagi tubuh

Bahaya minuman bersoda - Minuman bersoda tentunya sudah tidak asing lagi bagi kita karena rasanya yang manis dan juga menyegarkan apalagi jika udara sangat panas tentunya kita butuh sesuatu yang dapat memuaskan dahaga kita dan ada kemungkinan kita untuk memilih minuman bersoda, biasanya minuman ini sangat digemari oleh anak muda sekarang ini.

Minuman bersoda hampir disetiap tempat kita temui apalagi di daerah perkotaan yang menyediakan fast food atau junk food sudah umum jika minumannya adalah minuman bersoda.

Para produsen minuman bersoda berebutan untuk mempromosikan produk mereka dan hasilnya banyak dari kita yang tergoda untuk meminumnya tanpa disadari efek yang akan ditimbulkan karena terlalu sering mengkonsumsi minuman seperti ini.

Bahkan dunia kesehatan tidak merekomendasikan untuk sering mengkonsumsi minuman berkarbonisasi ini karena efek jangka panjang yang sangat merugikan kesehatan tubuh.

Bahaya minuman bersoda bagi tubuh
Minuman bersoda
Beberapa efek yang ditimbulkan karena sering mengkonsumsi minuman bersoda:
  • Terjadi pengeroposan pada Gigi dan tulang, asam fosfat pada minuman bersoda jika dikonsumsi terus menerus dalam jangka panjang dapat menjadi sumber penyebab seseorang mengalami keropos pada tulangnya selain itu kandungan asam dan gula dalam soda semakin lama dapat mengikis kepadatan gigi dan tulang.
  • Tingginya kandungan gula, minuman bersoda biasanya mencampur gula dengan pemanis lainnya, jika anda mencoba meminum minuman bersoda yang sudah hilang gasnya maka akan terasa minuman tersebut sangat manis dan ini tentunya sangat membahayakan kesehatan jika dikonsumsi secara terus menerus dalam jangka panjang, efek yang ditimbulkan karena mengkonsumsi gula dan pemanis dari minuman bersoda ini diantaranya terganggunya kesehatan ginjal, jantung dan hati, dan pemanis dalam minuman bersoda akan menyebabkan terjadinya resiko terkena penyakit diabetes dan juga jantung.
  • Menyebabkan obesitas, kandungan gula yang sangat tinggi dalam minuman bersoda sangat berpotensi seseorang mengalami obesitas dikarenakan terserapnya kadar gula dan zat kimia dalam tubuh dari minuman bersoda.
  • Beresiko terkena penyakit kanker, zat kimia dan gula dalam minuman bersoda dapat meningkatkan seseorang mengalami kanker payudara dan kanker usus.
  • Anak lebih agresif, menurut penelitian yang dilakukan di universitas di Amerika membuktikan bahwa anak-anak yang mengkonsumsi minuman bersoda 4 kali dalam sehari ternyata membuat anak-anak tersebut menjadi lebih agresif dan berpotensi lima kali lipat untuk membuat ulah, menyakiti menggangu orang lain dan berkelahi.
  • Mengandung Kafein, minuman bersoda mengandung kafein yang menyebabkan masalah kesehatan seperti jantung berdebar, susah tidur, dan juga darah rendah.
  • Menurunnya jumlah sperma, untuk para pria yang sering mengkonsumsi minuman bersoda untuk lebih berhati-hati karena dapat mempengaruhi kualitas dan jumlah sperma yang dihasilkan.
  • Membuat kecanduan, jika anda sudah terbiasa maka minuman bersoda akan membuat anda kecanduan dan sulit untuk meninggalkan minuman ini.
Tips untuk mengatasi efek negatif dari minuman bersoda:
  • Sadarilah efek negatif yang ditimbulkan karena terlalu sering minum minuman bersoda seperti gangguan pengeroposan tulang, ginjal, jantung, hati, diabetes dan juga kanker.
  • Minuman bersoda tidak harus pantang 100 %, anda boleh meminumnya sekali waktu asal jangan terlalu sering.
  • Gantilah keinginan untuk minum minuman bersoda dengan minuman sari jeruk atau lemon selain segar juga sangat baik untuk kesehatan.
  • Banyak minum air putih setiap hari.
  • Banyak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan agar tubuh lebih sehat.
  • Rutin berolahraga agar lemak dalam tubuh diubah menjadi energi.
Karena itu setelah mengetahui bahaya minuman bersoda bagi tubuh, kita dapat mengurangi mengkonsumsi minuman ini karena efek negatif yang sangat tidak baik bagi kesehatan dalam jangka panjang, semoga bermanfaat.


Previous
Next Post »
Thanks for your comment