Manfaat buah apel yang menyehatkan

Manfaat buah apel - Buah apel merupakan buah yang sangat baik untuk kesehatan tubuh karena mengandung vitamin A, vitamin B (B1, B2, B3, B5, B6 dan B9 ) serta vitamin C dan juga mengandung sejumlah mineral seperti kalsium, zat besi, potassium, magnesium, zinc, phosphorus yang tentunya sangat dibutuhkan oleh tubuh.

Buah apel selain kaya manfaat juga rasanya yang enak, dengan rasa yang manis dan kadang asam tidak heran jika buah ini banyak digemari oleh semua orang baik tua maupun muda, dengan mengkonsumsi rutin buah apel dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan juga terbukti mengandung antioksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas juga dapat menghambat pertumbuhan sel kanker.

Manfaat buah apel yang menyehatkan
Apel
Buah apel dapat langsung dimakan dan sebaiknya dicuci bersih dengan air dulu sebelum dimakan, biasanya apel berwarna merah, hijau dan sedikit kekuningan, sangat baik jika dimakan berikut kulinya karena lapisan kulit buah apel kaya akan vitamin dan mengandung zat yang berguna untuk menyembuhkan beberapa macam penyakit seperti kanker.

Selain bisa dimakan langsung buah apel juga bisa diolah menjadi saus apel dengan cara dimasak atau dijadikan minuman seperti sari buah apel, serta buah apel hijau biasanya dapat dijadikan olahan cuka apel yang baik untuk kesehatan tubuh.
Buah apel dapat bertumbuh dengan baik di daerah yang mempunyai temperatur udara dingin seperti di Indonesia yang terkenal adalah apel malang, menurut para ahli kesehatan bahwa apel mengandung banyak serat dan kadar lemak yang rendah sehingga bagus untuk mendukung program diet.

Namun ada sebagian orang yang tidak tahan karena efek serbuk sari yang tertinggal dalam apel sehingga mengakibatkan alergi atau gangguan di sekitar mulut dan bibir seperti iritasi ringan dan bengkak, mata dan hidung berair serta bersin-bersin, untuk mereka yang sangat sensitif akan mengalami gangguan seperti kaligata, diare dan sakit perut, jika anda termasuk dalam golongan ini sebaiknya menghindari memakan buah apel secara langsung.

Ada beberapa manfaat buah apel yang luar biasa untuk kesehatan tubuh:
  • Mengandung anti oksidan yang berfungsi menangkal radikal bebas serta meningkatkan kekebalan tubuh.
  • Kulit apel mengandung zat fitokimia yang sangat bermanfaat untuk menghambat pertumbuhan sel kanker seperti kanker usus besar, sedangakan zat flafoid terbukti dapat menurunkan resiko terkena penyakit kanker paru-paru serta apel juga dapat menghambat pertumbuhan kanker hati, kanker prostat dan kanker payudara.
  • Buah apel mengandung asam tartar yang berfungsi untuk mengatasi gangguan sistem pencernaan dikarenakan bakteri yang merugikan. 
  • Serat dalam buah apel juga membantu mengurangi lemak dalam tubuh serta kolesterol.
  • Jika anda sedang menjalankan program diet, buah apel sangat baik untuk membantu program diet anda, karena serat yang tinggi dapat membuat perut kenyang serta dapat membantu menurunkan berat badan anda.
  • Kandungan buah apel ternyata dapat menyehatkan mata serta melindungi mata anda dari penyakit katarak.
  • Dapat menyehatkan otak serta menurunkan resiko terkena penyakit di otak seperti Alzheimer.
  • Makan apel dengan cara menggigit dan mengunyah meningkatkan produksi air liur dalam mulut sehingga bagus untuk mengurangi jumlah bakteri dalam mulut dan juga kandungan Tanin dalam apel dapat membersihkan dan menyegarkan mulut serta melindungi agar gigi dapat terhindar dari penyakit gusi dan kerusakan gigi.
  • Menstabilkan gula darah dalam tubuh sehingga dapat mengontrol kadar gula penderita diabetes.
  • Kandungan kalsium dalam buah apel dapat memperkuat sendi dan tulang serta melindungi tulang dari osteoporosis terutama bagi wanita yang sudah memasuki masa menopause.
  • Menghindari beberapa gangguan penyakit dalam tubuh seperti ginjal, jantung dan hati
  • Menurut penelitian manfaat buah apel ternyata dapat mengobati penyakit asma yaitu dengan cara meminum jus buah apel setiap hari secara rutin.
  • Kandungan vitamin dalam apel yang tinggi dapat membuat kulit wajah dan tubuh terlihat lebih sehat dan segar cocok untuk para wanita yang ingin mendapatkan kulit sehat dan cantik.
Biasakanlah untuk mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap hari agar tubuh selalu sehat dan bugar, terhindar dari berbagai macam penyakit, 1 buah apel setiap hari dapat menjauhkan kita dari bermacam penyakit yang tentunya sangat tidak kita harapkan dan jangan lupa untuk menerapkan pola hidup sehat.

Previous
Next Post »
Thanks for your comment